13 Strategi Jitu Bisnis Kuliner

13 Strategi Jitu Bisnis Kuliner

1

Bisnis akan berjalan jika pemiliknya memiliki kiat untuk meningkatkan kualitas dan profit yang akan didapatkan. Dan mencari peminatnya yang kira- kira dianggap banyak. Dari sekian banyak usaha dan bisnis yang ada di pasaran, bisnis makanan dan minuman atau biasa disebut bisnis kuliner memiliki peminat yang cukup tinggi. Hal ini ditandai dengan makin banyaknya pebisnis makanan yang bermunculan dan betebaran di mana-mana, mulai dari pedagang jajanan, makanan tradisional, pedagang kaki lima, kafe, restoran atau rumah makan, hingga bisnis catering rumahan.

Peluang usaha dan bisnis kuliner ini memang cukup menjanjikan sebagai ladang usaha baik di perkotaan maupun pedesaan. Membuka dan menjalankan bisnis kuliner dapat dilakukan oleh siapa saja, ibu rumah tangga, karyawan, pns, ataupun latar belakang profesi lainnya, baik perorangan ataupun kelompok, semua dapat membuka dan menjalankan usaha kuliner. Namun dengan menjamurnya industri kuliner ini, tentu membuat persaingan menjadi semakin ketat. Tingkat hambatan dan kesulitan dalam bertumbuh juga menjadi lebih tinggi. Tentunya untuk dapat bertahan, kita harus mempersiapkan secara matang serta memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh kedai kuliner lain

Anda harus memiliki strategi khusus untuk dapat bersaing dengan pelaku bisnis yang lain, terutama yang membuka bisnis dengan jenis yang sama. Dalam buku Restaurant Owners Uncorked, Wil Brawley berbagi strategi dari para pemilik restoran ternama kelas dunia. Jika Anda tertarik mengembangkan bisnis kuliner, simak kiat mereka.

  1. Anda harus berpikir jangka panjang ketika memilih investor. Anggap saja seperti menikah dan membangun keluarga. Mereka harus memercayai Anda dan sebaliknya — Dave Query, Big Red F Restaurant Group, Boulder, Colorado.
  2. Anda tak akan pernah memiliki pelanggan yang bahagia, jika Anda tak memiliki karyawan yang bahagia. Pertama, fokuslah pada karyawan Anda. Perlakukan mereka dengan baik dan penuh respek – Keith Paul, A Good Egg Dining Group, Oklahoma City
  3. Anda harus punya sikap yang menunjukkan penuh keyakinan bahwa bisnis ini pasti berhasil. Hasilnya akan mengagumkan jika tubuh dan pikiran merespon keyakinan Anda – Matt Frey, Bub’s Burgers & Ice Cream, Carmel, Indiana
  4. Milikilah keahlian hebat pada beberapa hal, bukan keahlian rata-rata pada banyak hal – Phil Roberts, Parasole Restaurant Group, Minneapolis.
  5. Selalu siap bekerja saat orang lain hanya bermain-main dengan bisnis mereka — Phil Roberts, Parasole Restaurant Group, Minneapolis
  6. Jika Anda ingin bisnis yang berkembang, buatlah bisnis Anda sederhana — Jon Myerow, Tria Café, Philadelphia.
  7. Seorang pemilik bisnis akan melalui jalan yang sangat sepi — Jon Myerow, Tria Café, Philadelphia.
  8. Kompetisi terbesar bukanlah untuk pelanggan tetapi staf. Jika Anda siap berkompetisi dalam usaha mendapatkan karyawan terbaik dan Anda berhasil, pelanggan Anda akan mengikutinya – Jon Myerow, Tria Café, Philadelphia.
  9. Kemitraan 50/50 tidak selalu berhasil. Berusahalah agar Anda bisa memegang lebih dari 50% sehingga Anda selalu membuat keputusan final – Chester Kroeger, Fudpucker’s, Destin, Florida.
  10. Singkirkan ego Anda. Pada akhirnya, ini adalah bisnis. Jika Anda melakukan pendekatan mengikuti ego, Anda akan gagal — Emad Yacoub, Glowbal Group, Vancouver, BC.
  11. Jangan melebarkan sayap terlalu cepat karena Anda dapat menghancurkan seluruh bisnis – Chip Bair, Beau Jo’s, Denver, CO.
  12. Meskipun Anda mengenal mitra bisnis Anda, pastikan Anda juga mengenalnya saat ia berada dalam pertempuran panas – Jim Parker, Red Hat on the River, Irvington, NY.
  13. Transparanlah dengan para staf dan Anda akan menuai kesetiaan dan kepercayaan – Scott Leibfried, Arch Rock Fish, Santa Barbara, CA.

2

Nah, sekarang sudah paham kan bagaimana cara bersaing dengan pelaku bisnis lain sekaligus meningkatkan profit penjualan? Anda memang diwajibkan untuk memiliki strategi untuk meningkatkan hasil penjualan dan peminat untuk bisnis kuliner anda. Jadi mulailah untuk menerapkan strategi jitu yang saya bagikan di atas. Tapi saya tidak mewajibkannya. Hanya sekedar menyarankan saja.

Sebelum kita selesai, ada satu informasi yang amat berguna bagi kita. Barangkali informasi ini berhubungan dengan informasi sebelumnya barangkali juga tidak.

Jumlah transaksi Online hanya di Indonesia Saja selama 2012 adalah, sebesar 126 Triliun Rupiah. Meningkat 2 X lipat di bandingkan sebelumnya menurut Meteri Pariwisata dan ekonomi kreatif saat itu Ibu Mari Elka Pangestu dan Tentu saja tahun ini pasti sudah jauh lebih besar.

Siapakah yang beruntung karena hal itu? Tentu saja mereka yang telah memiliki Website lebih dulu dari anda. Ternyata jika kita mampu membuat website sendiri biaya yang dikeluarkan persatu website hanya 25 RIbu rupiah Perbulan.

Anda bisa punya 10 website sekaligus dengan biaya murah

Untuk Menguasai website dalam waktu singkat diperlukan tempat Kursus website terbaik yang telah dipercaya ratusan perusahaan ternama, peraih ratusan penghargaan dan memiliki murid lebih dari 10 ribuan orang. Jika mau tau paket yang bisa anda ikuti adalah :

  1. Paket kursus membuat website
  2. Paket kursus SEO
  3. Paket kursus Internet Marketing

Silahkan klik 3 link diatas untuk mengetahui paket kursus anda.